WELCOME INTO MY IMAGINATIONS

"Janganlah kamu kagum (takjub) dengan amal seseorang, sampai kamu melihat sedang melakukan apakah ia saat kematian itu datang menghampirinya." (H.R. Thabrani)..

Rabu, 06 Februari 2013

Kakao Talk yang Bukan Kakao Lover

Annyeong haseyo..chingu..hai..hai my imaginer friends...ampun deh sudah lama juga tidak berimajinasi di sini. Lagi-lagi alasan sibuk yang menjadi kambing hitam. Ada yang ingin aku bagi di sini. Aku tidak tahu sih apakah ini termasuk membantu periklanan gratis atau tidak. Tapi imajinasi kali ini menyadarkan aku kalau aku agak gaptek hehehe...Umur yang bertambah dewasa..ehm..tidak mampu mengejar jaman..uhuy... 

Kira-kira sebulan yang lalu aku mendapatkan forward sms dari my best friend. Isinya tentang aplikasi KakaoTalk dan katanya kalau kita beruntung kita bisa berkenalan dan chat dengan artis-artis Korea. Duh pengertiannya temanku ini. Aku pernah cerita kalau aku nge-fans sama artis Korea dan hal-hal yang berbau Korea ke dia. Jadinya ketika ada iklan itu, dengan sukarela ia meng-forward-nya. Atau dia berpikir aku juga suka makan produk kakao sehingga berat badan mengembang..hahaha.. Anyway, yang pertama kali terpikir adalah "apa hubungannya antara Kakao dengan artis korea?" trus "apakah artis Korea lagi nge-fans dengan kakao" trus "apakah sekarang orang-orang kakao membuat komunitas para pecinta kakao?"..Oke..berarti aku harus browsing lah..

Ini hasilnya: Ternyata imaginers..aduh..aku jadi malu deh. Kata om wiki (Wikipedia.com): 
"KakaoTalk adalah sebuah aplikasi messenger lintas platform yang tersedia bagi pengguna smartphone. KakaoTalk memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan tanpa membayar karena ia menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan pesan tersebut. KakaoTalk juga dilengkapi dengan fitur file sharing, group chat, dan fitur - fitur lainnya" 

Juga kata tekno.kompas.com, aplikasi ini asli buatan Korea dan sedang berusaha merambah pasar Internasional. Dirilis pada 18 Maret tahun 2010 oleh Kakao Inc., Kakao Talk memulai layanannya sebagai aplikasi chatting sederhana yang langsung banyak digunakan oleh para pengguna smartphone di Korea. Dan tahukah imaginers, Indonesia menjadi target pasarnya lho. Huhuhu..lagi-lagi hanya menjadi target pasar. Terlihat deh kita selalu menjadi objek. 

Aku jabarkan sedikit tentang KakaoTalk di sini. 
  • Aplikasi dibuat untuk pengguna Android dan sistem operasi iOS, jadi bisa digunakan pada iPhone, iPad, maupun iPod Touch. Sejak tahun 2011 sudah bisa dipakai di BlackBerry. Sekarang sedang dirintis aplikasi game dan nunggu enginer untuk buat program di Symbian. 
  • Aplikasi hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna KakaoTalk. 
  • Saat pendaftaran menggunakan nomor telepon serta ID yang dapat diatur pada awal penggunaa. 
  • Aplikasi gratis dapat diunduh dari websitenya atau dari application store masing – masing platform. 
  • Trus ini nih ada fitur yang ga dimiliki aplikasi messenger lain, yaitu Plus Friends. Di sini imaginers dapat berteman dengan artis, brand, atau media favorit nya. tapi kalau menurutku sih kita cuma bisa tahu kabar-kabar terbaru serta konten – konten spesial mereka aja. Boro-boro pesan kita dibaca, mungkin bagi yang beruntung aja kali ya, seperti iklannya...hahaha... Plus Friends yang tersedia di Indonesia adalah F(x), Girls' Generation, KBS World, SHINee, SM Town, Super Junior, TVXQ. Artis yang paling banyak friends nya di sini adalah Girls Generation.
So Imaginers, terjawab pertanyaan-pertanyaan aku. Aku tidak tahu apakah artinya Kakao dalam bahasa Korea.  Apa hanya sekedar nama corporate atau memang ada arti yang lain.  Tapi yang jelas KakaoTalk tidak ada hubungannya dengan dunia per-kakao-an.

Oiya sekalian ajah deh sedikit membahas kakao.  Walau OOT kayanya tapi ini ada hubungannya dengan kakao juga sih.  Coba deh mulai hari ini imaginers menempatkan defenisi kakao dengan tepat.  Atau jangan-jangan ada yang tidak tahu kah apa kakao itu.  Baiklah coba tebak foto di bawah ini...

sumber: dokumentasi pribadi 
(boleh copas asal cantumkan sumbernya yaa.. :D)


What??..ini pepaya..??..OMG...hahaha...ini real lho ada yang menjawab seperti itu.  Tapi tidak apa-apa, karena aku pun dulu sering tidak tahu nama-nama tanaman.  Ya iya lah secara anak Jakarta yang tinggal di wilayah yang subur tempat numbuhnya gedung-gedung bertingkat..aih..Buah ini namanya buah kakao. Kalau dibelah dalamnya seperti ini:


sumber: dokumentasi pribadi 
(boleh copas asal cantumkan sumbernya yaa.. :D)


Nah nanti kalau sudah dijemur langsung atau di fermentasi, bisa menjadi beberapa produk turunan kakao. Dari olahannya bisa dibuat bahan kosmetik biar kulit lembab bercahaya. Nah kalau ini aku percaya artis Korea pasti ada yang pakai. Olahan lainnya bisa jadi permen atau cokelat batang,cokelat serbuk dan banyak lagi deh. Oiya nyebutnya COKELAT ya bukan COKLAT. Kalau coklat kan nama warna. Jadi nanti ada yang protes "kok disebut coklat seh, ini kan coklat putih". Nah loh, gimana jawabnya coba haha. Jadi yang bener adalah Cokelat, bahasa Inggris nya kan Chocolate ya. Mungkin ada juga yang mengajukan kata KOKELAT. Nah pohon dan buahnya disebut POHON KAKAO atau BUAH KAKAO. Misalnya kalau disebut POHON COKELAT, terbayangnya di pohon itu numbuh berbagai bentuk permen. Seperti film CHOCOLATE FACTORY...hahaha. Ini juga ada rekor muri loh yang temanya cokelat. Aku narsis sedikit ya..hehehe.



Kalau pingin tahu bagaimana bentuk pohon kakao dan buahnya imaginers bisa datang langsung ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI) di Parungkuda, Sukabumi. Ini linknya http://balittri.litbang.deptan.go.id/. Di balai ini juga ada tanaman kopi dan karet. Lembaga ini milik Pemerintah, jadi silakan imaginer boleh berkunjung kok.

So sebagai konklusi..ternyata KakaoTalk tidak ada hubungannya dengan tanaman kakao.  Walaupun demikian, mungkin dengan adanya aplikasi ini, lebih mengakrabkan kata-kata kakao di telinga imajiners. Trus syukur-syukur bisa kenalan sama artis Korea agar mereka mau memakai produk-produk olahan kakao, terutama kosmetiknya, yang buatan asli industri rumahan di Indonesia hehehe...(bikin link buat dagang dot com :D ).  Selain itu komunitas kakao (Cokelat) lover belum tentu kenal KakaoTalk, tetapi anggota KakaoTalk pasti banyak yang suka kakao (Cokelat). Itulah kesimpulan sementara aku, tidak boleh ada yang protes...hahaha... 

Oia tambahan informasi, bahwa komoditas kakao Indonesia berada di posisi keempat dunia lho.   


Bahan bacaan:
http://wikipedia.com
http://tekno.kompas.com/read/2012/04/18/17375546/mengintip.strategi.kakao.talk.menyerbu.indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Imaginasi Bunda Rizqy Wardhana. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase