WELCOME INTO MY IMAGINATIONS

"Janganlah kamu kagum (takjub) dengan amal seseorang, sampai kamu melihat sedang melakukan apakah ia saat kematian itu datang menghampirinya." (H.R. Thabrani)..

Kamis, 28 Oktober 2010

Trick or Treat-Halloween Time

"Trick or treat"...ingat kata-kata tersebut? Yup...itu biasanya sering diucapin di akhir bulan Oktober. Kaya bulan ini getho. Apa pasal? Thats right...it's halloween time. Hohoho...banyak permen dan coklat gratisan neh. Tapi sebelom lanjut makan permen ato coklat, ada baiknya kita tau dulu asal muasal hallowen kali ya. Neh begini loh...

Perayaan halloween ini asalnya dari Irlandia lho. Walaupun rame-ramenya di Amerika Serikat. Kali banyak imigran Irlandia yang tinggal di Amrik ya. Istilah halloween kependekan dari All Hallows' Even (eve dan even sama-sama berarti petang/malam) yang berarti malam sebelum hari raya All Hallow yang sekarang disebut Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day). Huruf "n" di akhir kata Halloween berasal dari kata even.

Bangsa Irlandia kuno percaya kalo tanggal 31 Oktober padalah  pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati dapat membahayakan orang hidup karena bisa bawa penyakit dan merusak hasil panen.  Jadi mereka menyalakan api unggun untuk membakar tulang-tulang dari hewan yang mereka sembelih dengan maksud sebagai sesajen getho kali ya.  So biar dianggap sesama jenis dengan arwah jahat, mereka mengenakan kostum dan topeng,biar lobi-lobi berdamai dengan arwah tersebut berhasil.   Oleh sebab itu ketika dianggap lobinya berhasil, maka pada tanggal 1 November dirayakan sebagai hari festival.

Nah kalo sekarang, bagi orang dewasa berarti kesempatan pake kostum yang nyeremin hasil kreasi sendiri, sedangkan bagi anak-anak berarti kesempatan dapat permen dan coklat gratis. Trus mereka boleh jail sama orang yang pelit ngasih hadiah. Biasanya pohon-pohon di depan rumah orang yang pelit itu akan dihiasi tisu toilet ato menulisi jendelanya dengan sabun.

Nah kalo dah tau asal muasalnya kaya begitu, pernah kepikir ga kalo qita menyengaja merayakannya ya sama ja kembali ke jaman dulu...alias back to jaman batu...katanya orang modern kug ikut-ikut jaman batu seh...wekekekeek...Btw kalo alasannya cuma buat having fun...ya itu juga namanya ikut-ikutan juga. Napa harus tanggal segitu nunggu untuk pake kostum serem, mo makan permen dan coklat...berarti kan emang pingin ngerayaain tuh...upst...sirik ajah loe...pasti githu deh komennya... huahahaha...tapi emang bener khan. Bukannya akan dianggap orgil kalo pake kostum-kostum kunti, suster ngesot, suzana, pocong, drakula, witchess dll kalo ga ada momennya.

Tapi readers...tau ga siapa yang ambil keuntungan dari perayaan seperti ini. Yup, jelas produsen dan pedagang eceran lah. Dulu pas tahun 2004 consumer belanja sampe 7 milyar dollar lho untuk beli aksesori atau dekorasi halloween. Apalagi tahun 2010 ya. Tadi aja di tv ada liputan tentang harga satu kostum hallowen bisa seharga rp5.5 juta, tergantung detil dan bordiran kostum. Wew...so expensive hanya untuk dipakai sekali setahun. 

Lebih parah seh yang terjadi pada anak-anak. Kata dokter, kalo habis perayaan halloween, banyak ortu yang bawa anaknya ke sana. Ada yang giginya jadi bolong, plak, atau perutnya bermasalah karena kebanyakan makan coklat ato permen. Parahnya lagi pas tahun-tahun lampau, ada anak-anak yang meninggal karena permen atau coklat di sabotase. Di dalam makanan manis tersebut diletakkan heroin, obat terlarang, bahkan gilanya ada silet dan paku/pin segala. Waduh...permen ato coklat aja dah berbahaya apalagi pake dicampur aksesori pak dukun.

So my bro and sis...bagaimana? masih minat ikut merayakan.  Just read my quote today:  

hadith-tasyabbuh

“Barangsiapa yang menyerupakan dirinya dengan satu-satu kaum, maka dia adalah sebahagian daripada kaum tersebut” 
[Hadith daripada Ibn Umar radhiyallaahu 'anhuma, dikeluarkan oleh Abu Dawood dan disahihkan oleh Ibn Hibban]

Tapi kalo cuma pingin makan coklat ata permennya ajah, ya udah beli ajah sekarang.  Nih qu beri foto qu ya oleh-oleh dari nae sarang alias my hubby...mmmmm yummy..belgium chocholate... hohoho..sayang tadi the last pieces dah qu makan...hahahaha)




Oia artikel lengkap bisa dibaca di wikipedia aja ya.  Lebih lengkap tuh ada cerita tentang si labu kuning Jack O lantern segala, siapa dia dan daerah mana saja yang menjadi pusat perayaan Halloween.  Wew...manusia emang seneng sama yang namanya mistik.  Ga peduli latar pendidikan ya....hohoho..sayang.. sayang..seribu kali sayang (sotoy ah...wkwkwkwkw.).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Imaginasi Bunda Rizqy Wardhana. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase